Sabtu, 07 Januari 2012

Tips Mempercepat Koneksi Internet


Tips Mempercepat Koneksi Internet


TIPS 1
Menggubah setting bandwith Pada windows
1. Klik Start -> Run -> Ketik gpedit.msc. Kemudian klik Ok
2. Pilih Administrative Templates -> Network -> QoS Packet scheduler -> Limit Reservable Bandwidth
3. Ubah setting menjadi Enable
4. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
5. Klik Apply, ok
6. Kemudian keluar dan Restart komputer

Gunakan DNS dari Open DNS untuk koneksi internet lebih cepat dan  aman
1. Klik Start -> Control Panel -> Pilih Network & Internet Connection -> Network Connection
2. Klik Kanan Local Area Connection pilih Properties
3. Pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian Klik Properties -> Klik Use Following DNS Server
5. Isi Preferred DNS Server dengan angka : 208.67.222.222
6. Isi Alternate  DNS Server dengan angka : 208.67.220.220
7. Kemudian Klik OK

gunakan Browser Firefox dan gunakan add on Fasterfox
Fasterfox adalah sebuah add on yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser. Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali website tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache.
Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh fasterfox adalah : HTTP pipelining, Memory caching,Disk caching,DNS caching,FastBack caching.

Bagi pengguna Firefox, silahkan pasang Adblock
Fungsinya adalah untuk mem-filter iklan-iklan yang tidak perlu pada saat kita browsing, sehingga proses loading akan menjadi lebih cepat dan maksimal.

TIPS 2
Beberapa cara untuk meningkatkan kecepetan akses internet di antaranya dengan menyetting browser, menggunakan openDNS atau menggunakan Google Web Accelerator. Setting melalui openDNS sendiri sebenarnya banyak yang meragukan. Sedangkan Google Web Accelerator didesain jika anda menggunakan koneksi broadband seperti cable dan DSL, tetapi untuk dial-up (mis. telkomnet instan atau speedy) juga dapat mempercepat koneksi. Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating system harus windows XP dan browser nya harus (minimal) IE 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. kalau untuk browser lain juga bisa tetapi harus menkonfigurasi proxy settingsnya dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9-100 pada HTTP. Setelah melakukan instalasi, Google web accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser dan icon tray di pojok bawah layar desktop.

Untuk cara Setting Browser Internet Explorer:
  • Pilih menu [Tools]
  • Pilih [Internet Option]
  • Klik tab [General]
  • Pada opsi “Temporary Internet Files” klik [Setting] lalu geser slider-nya

TIPS 3
Tips ini hanya berlaku untuk yang di warnet saja dan menggunakan mozzila firefox sebagai browsernya. tujuannya adalah mempercepat koneksi internet di komputer kita dengan menyedot bandwitdh komputer lain di dalam 1 warnet. Jadi koneksi internet kita jadi lebih cepat dan yang lain jadi sedikit lambat. Caranya untuk mempercepat koneksi internet di warnet:
·         Di address bar mozzila ketik about:config lalu tekan enter.
·         Gunakan fasilitan ctrl+f untuk mencari kata yang di cari adalah sebagai berikut dan di rubah
Network.http.pipelining; False <– klik 2 kali ubah “False” menjadi “True“
Network.http.pipelining.maxrequests; 4 <– klik 2 kali ubah “4” menjadi “30“
Network.http.proxy.pipelining; False <– klik 2 kali ubah “False” menjadi “True“
·         Klik kanan di bagian yang kosong terus pilih new integer kolom pertama isikan nglayout.initialpaint.delay lalu tekan enteri dan masukan angka 0 dan tekan enter kembali.
·         Restart ulang mozzila firefoxnya

TIPS 5
Cara untuk mempercepat koneksi internet yang smart. Cache sebenarnya berfungsi supaya kita browser yang kita gunakan tidak perlu lagi meload file-file yang sebelumnya sudah kita download (web yang pernah kita kunjungi, nah dengan cara ini kita bisa menyimpan cache secara besar, dan ada juga pem-blokir trojan nya lagi. Untuk ukuran penyimpanan cache bisa tak terbatas tergantung dari besar muatan hardisk anda. Jadi untuk memperbesar cache bisa sesuai dengan keinginan anda.

Beberapa konfigurasi yang di lakukan untuk melakukan cara ini, langkah-langkah sebagai berikut:
Konfigurasi :
  • Klik tool pada menu internet explorer, klik internet options
  • Pada tab connection, klik LAN Settings
  • Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address “127.0.0.1″ & set port, misal “8080″. Klik ok
  • Pada tab advanced, lihat pada tree HTTP 1.1 settings, beri tanda centang :
- Use HTTP 1.1
- Use HTTP 1.1 through proxy connection
·         Klik Ok

Bagi yang menggunakan internet melalui akses dial-up, cara settingnya :
·         Klik tool pada menu internet explorer, klik internet options
·         Pada tab connection, frame Dial-UP and Private Network Settings, klik Settings
·         Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address “127.0.0.1″ & set port, misal “8080″. Klik ok
·         Pada tab advanced, lihat pada tree HTTP 1.1 settings, beri tanda centang :
- Use HTTP 1.1
- Use HTTP 1.1 through proxy connection
·         Klik Ok

Bagi yang pakai mozilla firefox settingannya di Menu Tool -> Sub menu Option -> Network connection -> klik setting, Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address “127.0.0.1″ & set port tool ini, misal “8080″ dan klik ok.

TIPS 6
Silahkan coba gunakan software Onspeed 6.0.9, software ini bisa meningkatkan kecepatan internet anda hingga 10 kali lipat (Dial-up – 10x Faster, Broadband – 5x Faster, Mobile connections – 8x Faster). Di bawah ini ada beberapa software lainnya yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan browsing internet anda :

TIPS 7
DNS ( Domain Name Server ). Fungsi DNS menerjemahkan nama Domain menjadi deretan angka IP. Contohnya bila kita akan membuka atau merequest url Domain tertentu, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti binushacker.net, google.com , yahoo.com , Facebook.com dan sebagainya. DNS ini menerjemahkan dari domain google.com ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP misal google.com Ip nya adalah 208.67.219.231. Jadi bila kita masukan 208.67.219.231 pada browser maka juga akan membuka domain google.com tersebut. Deretan angka IP seperti 174.36.138.32. IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi seperti Server Domain, Server Hosting, Server Proxy dan sebagainya.

Hubungan DNS dengan kecepatan akses internet karena dengan menggunakan DNS alternatif ini bisa mempercepat akses internet kita. Pada dasarnya semua ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan sambungan internet seperti indosat, Telkomsel, Telkom, dan sebagainya  mempunyai DNS Server tersendiri. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet tentunya juga mempunyai kemampuan, kecepatan, speseifikasi, dan lama cache tersediri.

Meski penyedia Internet yang kita gunakan mempunyai Server DNS sendiri sebenarnya kita juga bisa menggunakan atau memanfaatkan DNS server ISP operator lain. Jadi Server DNS ini bisa kita gunakan untuk semua jenis ISP yang kita gunakan.

Berikut ini langkah merubah Setting DNS pada windows :
·         Control panel => Network Connections
·         Klik kanan account sambungan internet yang sedang aktif / connected => Properties.
·         Networking => Internet Protocol => Properties
·         Beri Tanda pada Use the Following DNS server addresses => Masukan DNS yang dipilih.
·         Klik Ok

Cara setting DNS pada windows :
Mempercepat Akses Internet Menggunakan DNS alternative. Restart Ulang Koneksi Internet anda, maka perubahan akan terjadi setelah anda restart ulang koneksi internet anda. Pilih alternatif DNS Server berikut ini, gunakan DNS yang anda rasa paling cepat pada sambungan internet anda.


TIPS 8
Mempercepat sekaligus menghemat surfing internet anda menggunakan software yang free yaitu : TOONEL.net (bandwith compression software). Internet CDMA di Indonesia belumlah secepat koneksi internet menggunakan Cable, Broadband, maupun Satelit. Internet CDMA memang relatif murah, menerapkan paket yang tidak unlimited bandwith lagi. Kalo internet hanya untuk chatting saja pastilah bandwithnya termasuk hemat pake koneksi cdma, tetapi beda jika anda sering download  files-files yang besar seperti movies di youtube atau buka friendster yang penuh dengan photo-photo dan movies. Masalah diatas bisa diatasi dengan menggunakan software kompressi bandwith dan untuk menghemat quota bandwith dengan memanfaatkan software Toonel.net.

TOONEL adalah software kompresi bandwith yang mirip ONSPEED. Tapi ada perbedaan lainnya dalam penginstallan maupun penggunaannya. Bila software ONSPEED berbayar, dan anda tidak perlu susah dalam setting penggunaannya, software toonel ini mengharuskan anda menginstall JAVA Runtime terlebih dahulu dan menyiapkan setting-settingannya dulu.

Cara kerja software ONSPEED, yakni melakukan pengkompressan terhadap kualitas gambar yang ditampilkan pada browser anda. Sehingga secara tidak langsung terjadi penghematan bandwith sekaligus MEMPERCEPAT proses loading pages yang anda akan buka. TOONEL merupakan software yang FREE / Gratis karena termasuk kategori open-source. Karena menggunakan JAVA Runtime Environment, maka apabila digunakan pada komputer anda memerlukan penyettingan terlebih dahulu sebelum digunakan tentunya.

Langkah menggunakan software TOONEL pada PC :
>PERSIAPAN: (mendownload installer yang diperlukan)
1. Silakan download terlebih dahulu JAVA Runtime Environment, karena TOONEL berbasis java..
di : http://www.java.com/en/download/manual.jsp
Kalau internet anda sering terputus lebih baik anda download JAVA yang ‘offline’ 13.9 MB (Full) daripada yang 7.1 MB ‘online’.

2. Download software kompresi Toonel-nya, di : http://www.toonel.net/downloads.html sebesar 120K.
INSTALL :
  • Matikan terlebih dahulu browser anda.
  • Install JAVA Runtime Environmentnya terlebih dahulu.
  • Kemudian Install TOONEL nya.
  • Kalau sudah terinstall => cara settingnya : ( Settingan pada browser Mozilla Firefox 2.0.0.7 )
Ø      Masuk bagian menu Tools -> Options -> Advanced -> Pilih bagian tab “Network
Ø      Pada bagian Connection pilih “Setting”
Ø      Pada window ‘Connection Settings’ isi yang ‘Manual Proxy Configuration’ =>
Ø      Isi HTTP Proxy dengan 127.0.0.1 dan port 8080
Ø      Selesai, Restart browser anda. Dan Toonel siap digunakan.
TOONEL di nyalakan dan siap memproses pages yang akan anda browsing, berikut hasil screenshot software ini apabila sudah berjalan dengan baik status ‘running’ :
tweak internet speed with toonel bandwith compression software
Berikut screenshot apabila sudah mengkompress bandwith :
tweak internet speed - toonel screenshot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar